Minggu, 18 Juli 2010

PLTU Labuan Gerakkan Roda Ekonomi

Pembangunan pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) 2 Banten Labuan mampu menggerakkan roda ekonomi di sekitar Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang, Jawa Barat.

Menurut Manajer Proyek PTWijaya Karya (WIKA) Eko Susilo Prayitno, pembangunan proyek ini mampu menyerap tenaga kerja sekitar 6.000 tenaga kerja. "Tenaga kerja di luar manajemen saja ada sekitar 6.000-an. Itu multiplier effect," kata Eko, di PLTU 2 Banten Labuan, Banten, Sabtu (22/8).

Sebelum pembangunan proyek berlangsung, wilayah sekitar terbilang sepi. Biasanya, tutur Eko, perbankan, pusat perbelanjaan, ataupun tempat hunian sulit ditemukan di wilayah ini. Bahkan, menjelang petang pada pukul 18.00, wilayah ini sudah mulai gelap dan jarang ada orang yang keluar rumah. "Sekarang ada tukang nasi, kos-kosan, juga bank hidup. Sebelumnya sepi," cetusnya.

Rampungnya pembangunan PLTU ini ke depan, diperkirakan juga akan membuka daerah ini serta menghidupkan potensi wisata. Sebab, PLTU ini terletak di tepi pantai Labuan dan dapat menjadi objek wisata di samping wisata pantai Banten lainnya seperti, pantai Carita ataupun pantai Anyer.


Sumber:
http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2009/08/22/17314564/pltu.labuan.gerakkan.roda.ekonomi.
22 Agustus 2009

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar