Minggu, 18 Juli 2010

Sekilas Tentang Desa Caringin

Konon Caringin yang kini hanya sebuah Desa, pernah menjadi Ibu Kota Kabupaten Banten Barat. Setelah daerah ini hancur lebur akibat letusan gunung Krakatau pada tahun 1883 Ibu Kota Kabupaten itu dipindahkan ke Pandeglang dan berganti nama menjadi Kabupaten Pandeglang.

Meski sejak itu Caringin terdegradasi menjadi Desa, bagi perjalanan Sejarah Banten walau gimana pun juga Caringin tetaplah daerah penting akan mengingat sejarah perjuangannya yang di pimpin oleh K.H. Syekh Asnawi sewaktu masih hidup.

Menurut Ustadz Syaukattudin Inayah, sebut saja beliau adalah salah seorang Tokoh Caringin, atau bisa dikatakan Sesepuh Caringin. Kata Caringin berasal dari pohon besar yaitu pohon beringin yang memiliki makna yakni "Pohon Rindang Tempat Berteduh". Dimana pohon itu menjadi symbol bagi masyarakat Desa Caringin.

Adapun batas-batas wilayah untuk calon Kabupaten Caringin ini meliputi:
- Sebelah Utara : Kabupaten Serang
- Sebelah Barat : Selat Sunda
- Sebalah Timur : Kabupaten Pandeglang
- Sebelah Selatan : Kabupaten Pandeglang

Pada hasil Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Pandeglang menetapkan Kecamatan Labuan sebagai pusat pemerintahan Kabupaten Caringin. Dalam rapat DPRD yang dibacakan juru bicara Sekwan Bambang Labuan dipilih secara aklamasi. Peraturan Pemerintah Nomor 129 Tahun 2000 yang membahas tentang soal pemekaran daerah menyebutkan keputusan akhir rencana itu ada di DPR-RI.

Usul disampaikan melalui Gubernur kepada Menteri Dalam Negeri kemudian dikaji oleh Dewan Pertimbangan Otonomi Daerah.Setelah disetujui Menteri Dalam Negeri mengajukan kepada Presiden. Kemudian diajukan dalam bentuk rancangan undang-undang ke DPR-RI untuk diputuskan. Kabupaten Caringin adalah calon wilayah otonom di Provinsi Banten. Wilayah ini merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Pandeglang. Rencana ini berawal dari keinginan warga diwilayah Barat Kabupaten Pandeglang untuk mensejahtrakan masyarakat yang ada disekitar Caringin khususnya, untuk membangun sarana dan prasarana yang ada di Kabupaten Caringin tentunya.

Selain daerah Caringin juga masih ada desa lain yang diikut sertakan untuk dipilih menjadi Kabupaten..?Yaitu Kabupaten Cibaliung. Adapun untuk wilayah-wilayahnya terdiri atas tujuh Kecamatan yakni, Kecamatan Labuan, Kecamatan Carita, Kecamatan Pagelaran, Kecamatan Jiput, Kecamatan Cikedal, dan Kecamatan Sukaresmi. Wilayah ini berpenduduk sekitar 208.138 jiwa.


Sumber :
http://syekh-asnawi.blogspot.com/2010/05/caringin-banten.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar